author-pic

Ferry S

An ISTJ, Type 5, Engineer, Gamer, and Thriller-Movies-Lover
Download Gatsby Blog Starters & Contentful CMS Template
Sunday Jul 5th, 2020 01:00 pm2 mins read
Javascript
Download Gatsby Blog Starters & Contentful CMS Template
Source: gatsbyan

Finally, gw memutuskan untuk membagi template blog ini di github. Setelah Pull Request gw di-merge sama Gatsby, template ini bisa diinstall dari gastby-cli. Link-nya bisa diakses disini: https://www.gatsbyjs.org/starters/7sferry/Gatsbyan1.0/. Tinggal copy aja command-nya ke terminal masing-masing (pastikan NodeJS dan Gatsby-CLI sudah terinstall). Dengan mengetikkan command tersebut di terminal maka akan otomatis melakukan git clone dan npm install semua dependency-nya. Jadi nanti begitu selesai bisa langsung run di local. Bahkan kalau ga mau ribet bisa deploy langsung ke Netlify dan setup spaceId dan content token-nya di environment Netlify dengan menekan tombol Netlify pada Link starter di atas. Templatenya sih gw bikin khusus untuk yang make CMS Contenful, tapi juga bisa kok buat yang selain Contentful atau Markdown biasa, tinggal di-modif aja Query GraphQL-nya ntar. Gw sendiri awalnya ga pake CMS apa-apa 😁. Untuk informasi lengkapnya tentang setup Contentful bisa dibaca aja README-nya di https://github.com/7sferry/Gatsbyan1.0, disana udah lengkap gw tulis step by step-nya. Sebagian besar fitur di blog ini ada disana. Kecuali Algolia search dan Google Analytics Report (buat fitur Most View), karena kalau gw masukin ntar ribet setupnya. Tapi kalau mau bisa ditambahin sendiri-sendiri. Mostly fiturnya mirip dengan blog ini.

Nama project-nya gw kasih Gatsbyan. Sebenarnya ga ada arti khusus sih. Iseng aja dapat ide ngasih nama itu, berasa unik aja gitu 😂. Buat yang pengen tahu di preview itu foto siapa, itu foto keponakan gw tahun lalu 😊. Awalnya pengen majang muka gw, tapi setelah dipikir-pikir males gw, pinjem muka keponakan aja lah 😅. Untuk preview-nya bisa dilihat di https://7sferry-gatsby-contentful-starters.netlify.app/. Terakhir gw cek skor Google Page Speed-nya cukup tinggi. Di web Mobile skor-nya nyampe segini.

gatsbyan mobile
Skor Mobile (Tested on July 5th, 2020)

Sedangkan skor untuk web Desktop nyaris sempurna.

gatsbyan desktop
Skor Desktop (Tested on July 5th, 2020)

Oh ya, bagi yang ingin ngasih masukan atau bantu-bantu juga boleh Pull Request kok, kali aja ada code gw yang kurang optimal disana atau ada sesuatu yang bisa di-improve gitu, sekalian belajar juga gw 😁.